Festival Sengigi Tahun 2010

Date: 24-11-2010
| More

Pelaksanaan kegiatan Festival Sengigi (FS) Lombok Barat (Lobar) tahun 2010, akan digelar tangal 25 hingga 28 November 2010. Kegiatan kebudayaan akbar ini mengambil tajuk, “Cintai Daerahmu Kenali Budayamu." Sementara kegiatan tersebut masih mengambil lokasi di Senggigi.

 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lobar, Robijono Prasetijo mengatakan, FS akan diikuti oleh seluruh pelaku pariwisata. Di antaranya adalah, perhotelah, seniman, budayawan, guide serta seluruh elemen masyarakat dan pemerintah. Tema yang diperuntukkan dalam kegiatan FS ini, kata Robi adalah, A Culture Of Colours. Sementara dalam tema lokalnya berbunyi Warnaning Keprabon Paer patut Patuh Patju”.

 

Lebih lanjut disampaikan Robi, ada sejumlah kegiatan yang digelar baik siang maupun malam hari. Di antaranya adalah parade seni budaya, pagelaran seni kolosal, seni kerotok, pameran, panggung gembira, perisaian dan lomba. Untuk kegiatan malam hari, ada gelaran Sasak Night dengan menampilkan tari Gendang Beleq, Tari mandalika, Gendang Rampak, Rudat serta tari gandrung. Selain itu, ada juga NTB Night dengan menyuguhkan kegiatan budaya dari seluruh kabupaten se NTB. “Selain kedua kegiatan ini, ada juga Nusantara Night” papar Robi pada rapat persiapan pelaksanaan FS 2010 di Aula Utama Kantor Bupati Lobar Senin (15/11).

 

Ditambahkan, selain menggelar kegiatan kebudayaan, dalam FS yang digelar setahun sekali ini, digelar pula Parade Band Anak Sekolah melalui gelaran Panggung Gembira. Kegiatan ini akan diikuti oleh band-band anak sekolah, termasuk tampilan dari pihak pengelola perhotelan. Tari kreasi serta lomba senam Aerobic juga akan mewarnai kegiatan panggung gembira ini. Selain itu, pameran industri juga ikut serta dalam kegiatan yang sudah disediakan sebanyak 20 stan.

 

Sementara kegiatan sore hari sejak 26-28, akan digelar ‘Perisaian’ dengan menampilkan para pepadu (jagoan) se pulau Lombok. Selain itu, sepak bola pantai dan volley pantai, juga mewarnai kegiatan ini. DvD/IDD (sumber; http://lombokbaratkab.go.id/)

Story and Research

24-01-2011
sekaten3 Di tahun 1939 Caka (1477 M), Ra…
More ...
21-01-2011
James1 Seorang photographer sebenarnya dihadapkan …
More ...

News

23-12-2010
merapi 01 Hari minggu tangga…
More ...
11-12-2010
g.bromo Hingga hari ini, Gunung Bromo m…
More ...