Menelusuri Jejak-jejak Petilasan di Pegunungan Arjuna

Date: 01-01-2011
| More

Arjuna 1

Pegunungan Arjuna, selain pemandangan alamnya yang eksotis dan masih alami, menyimpan banyak petilasan yang rasanya masih belum begitu diperhatikan dan diteliti keberadaannya.

 

Banyak Arca yang telah hilang dicuri para oknum yang tak bertanggung jawab. Sisa-sisa arca yang ada pun juga berserakan tampak tak ada perawatan. Padahal menurut kami situs-situs yang ada disini sangat penting, karena jika dilihat dari bentuk arca-arca yang ada, bisa jadi ini dibuat pada zaman prasejarah dan jika dilihat dari sisa-sisa pondasi candi yang ada dan tersebar di beberapa titik, rasanya disini pernah ada sebuah peradaban yang cukup besar.

 

Arjuna 3

Salah satu kemegahan peradaban itu tampak pada sisa-sisa situs yang kami temui, salah satunya adalah di Petilasan SEPILAR. Beberapa pelaku spiritual mengatakan bahwa Sepilar berasal dari kata: "sepi ing nalar" (menyepikan pikiran/hening). Dari beberapa nara sumber juga (yang tak mau menyebutkan namanya), Sepilar ini juga disebut sebagai Keraton Suralaya, yang di dalam cerita pewayangan adalah merupakan kerajaan tempat para Dewa tinggal dengan Sang Hyang Manikmaya atau juga sering disebut dengan nama Bathara Guru atau Sang Hyang Girinata sebagai Raja dari para Dewa. Di tempat inilah sebenarnya Arca Bathara Guru berasal, namun sekarang arca tersebut berada di Desa Tambak Watu lereng Gunung Arjuna.

 

Dan memang jika dilihat dari sisa-sisa yang ada (anak tangga, arca di sepanjang anak tangga dan pondasinya), rasanya memang disini pernah ada bangunan besar, mungkin memang sebuah kerajaan atau sebuah candi megah. Yang jelas dari sisa-sias peninggalan yang ada yang tersebar di berbagai titik di seputar area ini, menunjukkan pernah ada sebuah peradaban besar, namun entah kapan dan pada zaman apa. Inilah yang memerlukan penelitian lebih lanjut...!!!

 

Arjuna 2

Semoga para arkeolog segera melakukan penelitian, karena setelah mencari referensi tentang peninggalan sejarah di Gunung Arjuna ini masih sangat minim...!!

 

Info dan foto selengkapnya:

http://www.facebook.com/album.php?aid=26958&id=114650075251532

 

 

 

DvD/IDD

 

Story and Research

24-01-2011
sekaten3 Di tahun 1939 Caka (1477 M), Ra…
More ...
21-01-2011
James1 Seorang photographer sebenarnya dihadapkan …
More ...

News

23-12-2010
merapi 01 Hari minggu tangga…
More ...
11-12-2010
g.bromo Hingga hari ini, Gunung Bromo m…
More ...